Rabu, Oktober 24, 2007

MXGV.Nemesis dan Pencegahannya

Seperti yang sudah banyak orang kenal, MXGV atau Nemesis namanya, virus ini membuat kerja komputer kita menjadi sangat lamban, belum lagi fitur-fitur Windows yang dihilangkan oleh virus yang satu ini membuat kita kerepotan dengan ulahnya. Selain itu, virus ini juga memblokir jalannya suatu software yang umumnya kita gunakan untuk bekerja seperti, produk Adobe, Macromedia, Internet Explorer dan software-software lainnya. Untuk itu marilah kita pelajari lebih dalam gerak-gerik, penyebaran dan ulah jahil si virus.

Aksi Jahil dan Penyebaran Si Gokil!

Di waktu pertama komputer anda terserang virus, System properties menunjukkan sesuatu yang sangat aneh dan janggal. Bila anda memperhatikan system properties, maka aktivasi komputer anda akan terdaftar sebagai “Nemesis” atau “Hacked By MXGV”! Bila terjadi hal seperti ini, jangan cepat-cepat matikan komputer anda, sebab setelah komputer restart, sistem akan me-reboot dan virus akan aktif di komputer anda! Untuk itu, bagi yang memiliki proteksi Antivirus, segeralah lakukan scanning pada folder C:\WINDOWS! Namun masalah lain datang, bagi pengguna Antivirus AVG, Norton, Norman, McAfee, Avast, Antivir dan NOD32 akan datang petaka baru, virus akan membolkir Antivirus diatas dan akan menampilkan tulisan “Jangan Dibuka! Berbahaya!”

Untuk itu sebiaknya anda tidak menggunakan Antivirus yang telah disebutkan diatas! Gunakanlah Antivirus yang jarang terdengar, seperti Trend Micro, Kaspersky atau Zone Alarm. Karena Antivirus tersebut termasuk golongan Antivirus yang dapat dikatakan “kebal virus” selain itu, ketiga Antivirus tersebut masih dapat dikatakan ampuh menghilangkan virus lokal maupun mancanegara. Sebagai jalan pintas, anda dapat menggunakan Antivirus asli Indonesia yang gratis dengan nama PCMAV! Anda dapat mendownloadnya secara GRATIS di www.pcmedia.co.id! Sekarang cepat buka Internet Explorer! Masalah dating lagi, virus membuka Internet Explorer, tidak hanya Web Browser ini saja yang diblokir oleh virus tersebut! Mozilla Firefox dan Opera ikut diblokir oleh virus jahil ini.

Bagi pengguna Web Browser Maxthon maupun Safari, anda terselamatkan! Hanya tinggal mendownload PCMAV melalui www.pcmedia.co.id lewat Internet! Bagi yang tidak menggunakan PCMAV atau Antivirus anda dapat mempelajari virus ini, sekarang restart komputer anda dan tunggu hingga virus melakukan reboot pada komputer anda, setelah masuk ke Windows, anda baru menyadari betapa hebatnya virus ini, karena bila anda tahu betapa kejamnya virus ini!

Setelah windows selesai start-up kini anda buka start menu, apa hasilnya? Pilihan Log Off, Turn Off Computer, Search, Run, Help And Support dan Control Panel telah dihilangkan oleh Virus kejam ini, sekarang telusuri All Programs! Shortcut menuju Microsoft Office pun telah hilang! Windows Media Player dan Winamp juga! Sekarang telusuri Accessories, maka anda akan melihat Command Prompt, Microsoft Paint dan Calculator ikut hilang. Kini mau apa lagi? Bila anda menulusri My Document pun tak bisa dibuka, karena telah di-hidden oleh virus, anda piker apakah kita dapat meng-unhidden My Document? Tidak bisa! Mau coba view All Hidden files melalui Folder Options? Tidak bias karena virus ikut memblokir Folder Options! Sekarang apa jadinya komputer kita? Harus di reformat?

Mencegah dan Mengatasi MXGV.Nemesis

Mencegah virus ini pun tidaklah mudah, pertama anda harus masuk ke Windows Explorer, lalu menujulah ke Drive C, lalu masuklah kedalam folder WINDOWS, lalu carilah file bergambar partikel yang bertulidkan Regedit (Registry Editor) Sehrausnya anda dapat masuk melalui Run atau Command Prompt bila tidak dikunci virus. Setelah masuk, apa yang harus anda lakukan?

Setelah masuk ke tampilan utama pada Registry Editor, mungkin anda sedikit bingung! peratama kita harus masuk dan menemukan bagian yang sedikit sulit untuk dicari yaitu pada folder, My Computer\HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer. Bila anda tidak menemukannya cari dengan teliti hingga anda menemukannya! Lalu hapuslah bagian DWORD yang ada didalam dafatar dibawah ini!

  • NoClose
  • NoFind
  • NoFolderOptions
  • NoRun
  • NoCommandPrompt
  • NoControlPanel
  • NoLogOff
  • NoDisableWord

Setelah anda selesai mengahpusnya, kini lakukanlah restart pada komputer anda, dan tunggu hingga komputer melakukan restart! Tampilan kembali normal, namun virus masih berkeliaran didalam komputer anda, kini download PCMAV lalu lakukanlah scanning, scanning juga dapat dilakukan Antivirus yang tidak diblok oleh si virus! Setelah scanning selesai, lakukan kembali restart pada komputer anda dan sistem rebooting, setelah startup dengan normal berhasil maka komputer kembali normal!

Penyebaran virus ini sangatlah mudah, mulai dari diskette, USB Flash Disk, LAN (Local Area Network) dan juga Internet! Maka setiap kali anda mengakses USB lakukanlah Scanning pada komputer anda sehingga komputer anda akan aman dari virus! Beberapa situs penyebaran virus Nemesis, www.friendster.com, www.blogger.com, www.kaskus.com, www.yogyafree.net, www.myspace.com, www.initial-net.com, www.serials.ws dan masih banyak lagi! Sehingga berhati-hatilah bila berkoneksi dengan jaringan atau drive eksternal melalui komputer anda. Mari bersama-sama kita basmi penyebaran virus di Indonesia dan marilah wujudakn Indonesia bebas virus 2008!

1 komentar:

oecix mengatakan...

pcmav gak bisa ngenalin nemesis, berkali-kali aku scaning tetep aja tuh virus nongkrong dengan amannya di komputerku, malah tuh antivirus tiba-tiba padam. akhirnya kompi aku yang jadi koma